Langkah - Langkah Membuat Animasi


Membuat Jam Dinding
Langkah - langkahnya sbb:
1. Buka Program Flash
Start >> All Program >> Flash , pilih flash dokumen
disini penulis menggunakan Flash MX 2004 namun tutorial ini bisa diterapkan di Adobe Flash versi berapapun termasuk Flash CS5


2. Buat lingkaran Gunakan oval tool (shortcut tombol: O), tips: tekan dan tahan tombol shift pada keyboard agar lingkaran bulat sempurna

3. Ubah warna fill jadi hitam, Gunakan text tool (Short cut tombol : T) dan tulis 1 per 1 nomor jam mulai dari 1 - 12 untuk penomoran angka
gunakan Selection tool untuk meletakkan nomor - nomor tersebut pada bagian jam

4. Dengan Line Tool (N) buatlah 3 buah garis untuk penunjuk arah jam
garis jam (pendek) , garis menit (agak panjang) , garis detik (panjang)

5. Seleksi garis yang paling pendek dengan selection tool (V) dan tekan F8
muncul jendela dan masukkan jam_mc dan pilih movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah lalu tekan ok.
Seleksi movie clip jam_mc di Lembar kerja kemudian tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties. Pada panel properties yang muncul masukkan jam_mc sebagai instance name.

6. Sama seperti di atas
Seleksi garis kedua (agak panjang), kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan menit_mc dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah lalu tekan ok.
Seleksi movie clip menit_mc. Pada panel properties yang muncul masukkan menit_mc sebagai instance name.

7. Sama seperti di atas
Seleksi garis ketiga (paling panjang), kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan detik_mc dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah lalu tekan ok.
Seleksi movie clip detik_mc. Pada panel properties yang muncul masukkan detik_mc sebagai instance name.

8. Satukan dan letakkan garis dengan urutan jam lalu menit kemudian detik dan letakkan di dalam tempat jam
9. Setelah semuanya terpasang, klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script

10. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
kira - kira seperti ini: 





Membuat Kipas Angin
Langkah-langkah membuat animasi kipas angin :
1. Siapkan Kipas angin, Lihat arah berputarnya, jangan lama-lama nanti pusing, wkwkwk....
2. Nyalakan komputer dan buka program Flash, Disini saya memakai Adobe Flash CS 4
3. Buat Object 2 buah segitiga + 1 Buah object lingkaran di Lembar kerja flash
Caranya:
Untuk membuat Segitiga gunakan PolyStar Tool pada toolbar , Untuk Pengaturan gunakan Style: Polygon, Number Of Side: 3
Untuk membuat Lingkaran gunakan Oval Tool dan tekan dan tahan tombol shift agar lingkaran bulat sempurna

4. Atur gambar sehingga membentuk Sebuah baling baling kipas dan seleksi semuanya lalu tekan CTRL + G (Group) untuk menggabungkan 3 object tersebut menjadi 1 kesatuan

5. Sekarang waktunya membuat Frame pada Layer 1 klik Frame 50 dan pilih insert Frame

6. Masih di Frame 50, klik kanan lagi dan sekarang pilih Create Classic Tween

7. Pada Properties, atur Tweening , pilih Rotate: CW (Searah jarum jam)
Setelah selesai, tekan F6 di frame 50 untuk memunculkan keyframe

untuk melihat hasilnya tekan CTRL + Enter
Kira kira seperti ini:


Untuk membuatnya lebih menarik tambahkan lingkaran kipas dan penyangga:








MembuatBola Pantul
Langkah - langkahnya sbb:

  1. Kita buka software Macromedia flash 8-nya, jangan lupa dalam Create New pilih Flash Document.
Kalo udah
2 . Pada umumnya ukuran default/standar adalah 550 x 400 pixels dengan background putih.
Nah khusus kali ini , ubah ukuran documentnya ( modify > document ) menjadi 200 px X 200px dan background warna hitam.
(Untuk ukurannya , bisa sesuka kalian) .
Selanjutnya ,,
3.Pada layer 1, frame1, buatlah sebuah bola dengan menggunakan Oval Tool.
Caranya : klik tahan geser pada posisi atas stage, Dengan Catatan : sambil tekanlah tombol SHIFT agar menjadi bulatan sempurna..
4. Pilih lingkaran tersebut (klik ajah lingkarannya) , kemudian klik modify > convert to symbol atau F8. Beri nama (misalnya Bola ) dan jangan lupa klik pada cek box Movie Clip > OK.
5. Pilih menu Edit > Edit in pleace
6. Untuk membuat pantulannya maka klik kanan pada timeline (frame20) kemudian pilih Insert Keyframe.
Ingat . Frame ke 10 juga diberi Insert Keyframe kemudian letak geser bola tersebut keatas sesuai selera (agar bola bisa memantul ke atas).
7. Diantara frame 1-10 klik kanan pilih Create Motion Tween dan begitu juga dengan frame 10-20.
8. Untuk kembali ke semula, pilih menu edit> edit document ( Ctrl E ).
9. Selanjutnya , buat bayangan bola tersebut dengan cara Copy Paste bolanya kemudian arahkan bola hasil copy-an , tepat dibawah bola utama.
Lalu klik bola hasil copy dan pada bagian properties pilih Color - Alpha( isi 21% )
10. Agar animasi terkesan memantul,  maka pilih bola bayangan, klik menu Modify > Trasform > Flip Vertical
Dan langkah yang terakhir adalah SAVE
11. Yupps , simpanlah file dengan menekan Ctrl+S atau dengan mengklik menu File > Save.
Dan jadi deh animasi bola pantul.
Untuk tes movie, klik menu control > Test Movie atau dengan menekan tombol Ctrl + Enter.
Hasilnya akan tampak seperti ini .



Tentang Micromedia Flash

Flash dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama SmartSketch. SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand. Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. FutureWave sangat tertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuat animasi. Namun FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM. Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi. Kemudian SmartSketc dimodifikasi sehingga mampu menghasilkan animasi dengan menggunakan pemrograman Java sebagai player-nya. Namanya juga sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator. Walaupun dengan ide yang cukup revolusioner, FutureSplash sulit populer. Oleh karena itu FutureWave mendekati Adobe. Namun karena demo FutureSplash yang kurang memuaskan dengan lambatnya animasi, Adobe menolak memproduksi FutureSplash. Baru pada November 1996, Macromedia mendekati FutureWave untuk bekerja sama. FutureWave menyetujui tawaran Macromedia. Kemudian FutureSplash Animator diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0



Cara Membuka Micromedia Flash
 

Cara membuka micromedia flash
1.       Jika anda memiliki program tersebut (micromedia) persi portaibel maka anda dapat membuka micromedia tanpa melalui penginstalan
2.       Open software micromedia terlebih dahulu
3.       Setelah tampil, maka anda dapat menentukan ukuran stage. Cara menentukan stage sbb:
a.       Pertama klik size pada bagian bawah
b.      Tentukan ukuran yang anda inginkan
Jik anda ingin merubah warna stage, maka klik background color. Kemudian klik ok

Cara membuat titik key frame
1.       Jika micromedia anda telah terbuka dan telah menentukan ukuran stage. Maka anda siap untuk membuat titik keyframe.
2.       Buatla objek yang anda kehendaki
3.       Setelah itu tentukan titik keyframe anda , mis: pada frame 25.
Klik kanan pada frame 25 kemudian pilih insert keyframe (F6). Maka selesailah pembuatan titik keyframe.

Cara mebuat pantulan bola
1.       Pastikan micromedia anda telah terbuka dan telah menetukan ukuran stage
2.       Pilih oval  pada tools (o) untuk membuat lingkaran  atau bola
3.       Setelah selesai membuat lingkaran anda dapat membuat titik keyframe pada frame yang anda inginkan mis 25.
4.       Setelah itu  pindahkan obejek  pada tempat yang anda kehendaki
5.       Setelah memindahkan objek letakan kuror anda di antara frame 1 dan frame 25 dan klik kanan>create motion twin.
6.       Jika anda ingin memantulakan bola berkali-kali maka anda dapat melakukannya seperti langkah kelima.

Car membuat hamburan bola dengan berbagai warna
1.       Pastikan anda telah menampilkan micromedia anda dan telah menentukan ukuran stage
2.       Buatlah beberapa bola (lingkaran) dengan cara tekan tombol O
3.       Setelah membuat beberapa bola, blok bola tersebut>tekan ctrl+b 2X
4.       Kemudian buatlah keyframe pada frame yang anda inginkan mis 25, kemudian copy bola-bola tersebut>paste  (ctrl+v). dan blok gambar yang telah anda copy kemudian>ctrl + B 2X
5.       Setelah itu pilih shape pada tween di bagian bawah, maka bola akan terhambur.
6.       Jika ingin membuat hamburan bola lebih banyak lagi, maka anda dapat membuat beberapa layer dengan cara klik insert>time line>layer. Dan lakukan seperti langakah  2-5.

Cara membuat pecahan gambar
1.       Pastikan micromedia anda telah terbuka
2.       Masukan gambar yang anda inginkan dengan cara pilih file>inport>inport i to stage
3.       Setelah gambar tampil pilih insert>timeline effect>effect>explode
4.       Maka gambar tersebut akan terhambur.


 Cara mengeksport animasi
1.       Pilih file>export>export movie(ctrl+alt+shift)
2.       Maka akan tampil export movie. Jangan lupa anda mengganti type dengan type animated Gif
3.       Klik save